6 Surga Dunia di Indonesia Impian Para Traveler

Posted on

Indonesia merupakan negara indah yang terdiri dari ribuan pulau. Indonesia bagaikan potongan surga yang jatuh ke bumi. Indonesia bisa dibilang menyimpan banyak surga dunia. Ada 6 tempat ini yang bakal menjadi tempat yang pas untuk membuktikan istilah tadi.

Bukit di Pantai Ora Maluku
Bukit di Pantai Ora Maluku

1. Kepulauan Kei dan Pantai Ora di Maluku

Banyak traveler yang masukin dua surga dunia ini ke dalam bucket list mereka. Dua surga dunia ini adalah Kepulauan Kei (Maluku Tenggara) dan Pantai Ora (Pulau Seram) yang memang luar biasa. Kepulauan Kei memiliki pemandangan pantai pasir putih yang sangat lembut nan cantik. Terbentang luas dan pasirnya begitu halus. Air lautnya yang berwarna zamrud sangat bening! Kepulauan Kei juga punya Ngurtafur yang ikonik. Ngurtafur itu sand bar yang panjangnya 2 km dan hanya terlihat ketika air laut sedang surut.

Kepulauan Kei Maluku
Kepulauan Kei Maluku

Selanjutnya, Pantai Ora itu bagai Maldives-nya Indonesia. Sebagian orang mungkin familiar dengan Pulau Seram di Provinsi Maluku. Gimana dengan Pantai Ora? Bagi yang belum pernah denger, wajar aja kok. Karena letaknya yang tersembunyi di Pulau Seram serta cara mencapainya yang relatif sulit dan panjang, jarang orang tahu bahwa ada tempat yang seindah ini.

Pantai Ora Maluku
Pantai Ora Maluku

Namun begitu sampai, kalian akan menyaksikan pantai yang diselimuti oleh barisan pegunungan dan air laut yang jernih. Kalian bisa nginep di resort beralaskan air laut berwarna zamrud yang bening. Dari teras penginapan kalian bisa langsung terjun dan snorkeling menikmati kecantikan koral warna-warni serta ikan tropis.

Clubhouse di Pantai Ora
Clubhouse di Pantai Ora

Untuk menuju Kepulauan Kei, kalian bisa membeli tiket penerbangan dengan tujuan Langgur / Tual. Sementara jika ingin ke Pantai Ora, kalian bisa memilih penerbangan dengan tujuan Ambon.

Hutan di Pantai Ora Maluku
Hutan di Pantai Ora Maluku

2. Botubarani dan Wakatobi di Sulawesi

Udah pernah nonton film animasi Finding Dory? Apakah kalian termasuk salah satu orang yang gemas dengan karakter Destiny? Destiny adalah seekor whale shark atau hiu paus, mamalia raksasa yang ramah. Meski ukuran tubuhnya sangat besar bahkan bisa mencapai ukuran sebuah bus, whale shark cuma makan plankton sama udang.

Hiu Paus
Hiu Paus

Nah, di desa Botubarani, Bone Bolango – Gorontalo, kalian bisa melihat mamalia raksasa yang ramah ini dengan mudah. Cuma 5 menit naik perahu dayung dari daratan, kalian udah bisa ketemu hiu paus. Mereka nggak takut manusia dan kalian bisa renang bebas dan santai sambil berusaha selfie bersama hiu paus. Hati-hati, jangan sampe menyentuh mereka atau pake flash.

Kebayang kan serunya renang bareng whale shark atau hiu paus? Nggak heran sih kalo Gorontalo jadi bucket list banyak traveler. Dari Jakarta, ada penerbangan langsung ke Gorontalo. Lama penerbangan sekira 4,5 jam. Setelah sampe di bandara Jalaluddin, lalu lanjut perjalanan ke desa Botubarani. Kalian bisa naik mobil sewaan, sekira 40 menit lamanya.

Ikan Badut di Wakatobi
Ikan Badut di Wakatobi

Sementara itu, Wakatobi merupakan Taman Nasional Laut terbesar kedua yang ada di Indonesia. Wakatobi udah lumayan terkenal lah. Nggak heran sih soalnya Wakatobi jadi tempat bagi sekitar 90% jenis karang yang ada di dunia serta lebih dari 900 spesies hewan laut. Oleh karena itu, Wakatobi dapat dengan mudah jadi salah satu tempat favorit para diver, baik dari Indonesia maupun manca negara.

3. Raja Ampat di Papua

Siapa yang nggak pengen ke Raja Ampat? Kepulauan di ujung kepala burung Papua ini udah terkenal dengan keindahan pemandangan bawah laut maupun daratannya. Jika diliat dari atas ketinggian, pemandangan ratusan pulau karang berselimut tanaman hijau yang dikelilingi oleh air berwarna zamrud dan pasir putih menjadi ikon Raja Ampat.

Raja Ampat Papua
Raja Ampat Papua

Selain itu, kehidupan bawah lautnya juga bagaikan surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Kekayaan ekosistem ikan dan terumbu karang yang ada di Raja Ampat begitu menakjubkan. Airnya pun sangat bening hingga kalian serasa berenang di dalam akuarium ikan tropis. Di sini juga kalian bisa melihat ikan pari manta.

Ikan Pari Manta Raksasa
Ikan Pari Manta Raksasa

Untuk menuju Raja Ampat, kalian dapat menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Sorong. Setibanya di bandara Domine Eduard Osok – Sorong, kalian harus lanjut perjalanan pake kapal feri ke pulau yang ingin dituju. Entah itu Pulau Misool, Wayag, Waigeo, atau pulau yang lainnya.

Karang Hidup di Raja Ampat
Karang Hidup di Raja Ampat

Kalian pasti udah tahu kalo keindahan Raja Ampat memang tiada duanya. Tapi ada satu tempat di Raja Ampat yang barang kali banyak orang belum tahu. Ya, Kalibiru namanya. Terletak di Desa Warsambin, Teluk Mayabilit, Raja Ampat, Kalibiru adalah sungai kecil dengan warna air yang biru jernih. Untuk mencapainya, kalian hanya perlu berjalan kaki selama sekira 20 menit ke tengah hutan. Sesampainya di sana, Kalibiru akan menjadi tempat yang apik untuk kalian berfoto-foto.

Pulau Kri di Raja Ampat
Pulau Kri di Raja Ampat

4. Nusa Penida di Bali

Mungkin kalian bosan dengan Kuta atau Sanur di Bali. Lalu gimana dengan Nusa Penida? Meski jaraknya lumayan jauh dari pusat keramaian di Bali, Nusa Penida menyajikan panorama Bali yang belum banyak tersentuh oleh dunia luar.

Kelingking Beach Nusa Penida di Bali
Kelingking Beach Nusa Penida di Bali

Kebanyakan orang yang ke sana biasanya hanya berencana untuk snorkeling di sekitar pantainya. Namun jika kalian memiliki waktu, coba deh eksplor pulaunya lebih jauh. Ada banyak tempat yang akan membuat kalian takjub, seperti pantainya yang bersih hingga air terjun. Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Broken Beach di mana terdapat formasi bebatuan membentuk jembatan yang membelah lautan.

Broken Beach Natural Bridge Nusa Penida di Bali
Broken Beach Natural Bridge Nusa Penida di Bali

5. Pulau Halura, Pulau Padar, dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

Penat dengan keramaian kota dan butuh tempat kabur dari asap knalpot kendaraan? Pulau Halura adalah tempat yang cocok buat kalian. Terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur, mungkin banyak orang yang belum tahu akan keberadaan pulau ini.

Selain jauh, untuk mencapai ke sana juga medannya cukup sulit. Namun, pengorbanan untuk mencapai ke sana akan terbayarkan karena begitu sampai, kalian akan menemukan pantai dengan pasir putih yang lembut dan pemandangan laut kelas dunia.

Lalu ada Pulau Padar yang belakangan ini banyak muncul fotonya di Instagram. Puncak bukit Pulau Padar bisa dibilang sangat fotogenik. Saat pagi dan siang hari, air laut berwarna biru mengapit bukit-bukit tandus kecokelatan begitu cantik nan eksotik. Pada sore hari, menjelang matahari terbenam, lebih cantik lagi! Cahaya matahari yang berwarna keemasan ngebuat foto di puncak bukit Pulau Padar yang ikonik itu jadi lebih dramatis.

Puncak Bukit di Pulau Padar
Puncak Bukit di Pulau Padar

Selain itu, banyak sekali titik-titik menarik yang ada di Taman Nasional Komodo. Dimulai dari Pulau Komodo, tempat tinggal yang tersisa dari hewan langka ini. Selain dapat melihat hewan purba ini, di Pulau Komodo juga ada Pink Beach atau Pantai Pink yang sangat indah. Jika kalian sedang beruntung, pasirnya bisa berwarna pink pekat, luar biasa cantik untuk difoto. Untuk menuju Taman Nasional Komodo, kalian bisa pake pesawat terbang dengan tujuan Labuan Bajo. Setibanya di bandara Komodo, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Komodo dengan kapal laut sekira 3 sampai 4 jam.

Pink Beach di Taman Nasional Komodo
Pink Beach di Taman Nasional Komodo

6. Tanjung Puting dan Kepulauan Derawan di Kalimantan

Nggak cuma berupa pemandangan, Indonesia juga surganya hewan endemik. Salah satunya tentu saja orangutan. Terletak di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting merupakan “rumah” bagi spesies orangutan Kalimantan yang diancam kepunahan. Nggak cuma orangutan, Tanjung Puting juga merupakan tempat bagi lebih dari 200 spesies burung. Jika kalian berniat ke sana, hati-hati juga ya sama buaya yang melintas di sungainya!

Orangutan di Tanjung Puting Kalimantan
Orangutan di Tanjung Puting Kalimantan

Selanjutnya, salah satu surga terindah di Indonesia ada di Kepulauan Derawan. Ada beberapa pulau yang udah kesohor sama keindahan pemandangannya. Ada Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan Pulau Derawan itu sendiri. Selain itu Kepulauan Derawan juga punya satu pulau istimewa bernama Gusung Pasir. Pulau ini cuma muncul pas air laut lagi surut.

Pernah dengar tentang danau berisi ubur-ubur yang nggak menyengat? Danau berisi ribuan ubur-ubur yang ramah ini ada di Pulau Kakaban. Kalian bisa berenang, coba menyentuh dan berfoto bersama kerumunan ubur-ubur di sini.

Ubur-ubur
Ubur-ubur

Sementara di Pulau Maratua, kalian bisa melihat keindahan terumbu karang dan penyu hilir mudik dengan anggunnya. Pasti puas snorkeling dan diving di Maratua! Selain itu di Maratua juga ada beberapa bangunan di atas beningnya air pantai.

Maratua di Kepulauan Derawan Kalimantan
Maratua di Kepulauan Derawan Kalimantan

Pulau lainnya untuk bertemu penyu adalah Sangalaki. Pulau ini dijadikan tempat penangkaran penyu. Gemas melihat tukik-tukik mungil! Kalau kalian penggemar diving, Sangalaki merupakan salah satu hot spot untuk melihat pari manta.

Tukik
Tukik

Untuk menuju Kepulauan Derawan, kalian dapat menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Berau. Setelah sampe di bandara Kalimarau, carilah mobil travel ke Tanjung Batu lalu lanjutkan perjalanan ke pulau yang dituju menggunakan speedboat.

Itu dia daftar enam surga dunia yang ada di Indonesia. Dapat memotret indahnya tempat-tempat tersebut memang membuat bisa bersyukur akan kekayaan alam Indonesia. Kalo kalian punya surga dunia versi kalian, boleh kok dishare di kolom komentar!

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.