Ternyata 10 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah

Posted on

Ada satu kuliner menyehatkan yang terbuat dari bahan mentah yaitu salad. Apalagi jika salad dikonsumsi setiap pagi hari, bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sayangnya tidak semua bahan makanan boleh dimakan mentah-mentah, beberapa di antaranya harus diolah dulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan racun berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Selama ini mungkin kaliah hanya tahu jenis makanan yang tidak boleh dimakan mentah adalah daging. Tapi tahukah kalian, ternyata ada juga jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Jenis makanan ini baru bisa dikonsumsi jika sudah dimasak atau diolah dengan cara tertentu. Inilah 10 jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi masih mentah.

1. Kentang

Kentang Dipotong Setengah
Kentang Dipotong Setengah

Kentang menjadi satu bahan makanan yang terkenal untuk membuat masakan. Tapi jangan pernah memakannya mentah-mentah. Bahan makanan ini dapat menyebabkan penyakit pencernaan, sakit kepala, dan mual. Ternyata kentang mengandung racun yang diketahui sebagai solanin. Ada baiknya dipanaskan dengan cara dipanggang atau direbus terlebih dahulu.

Dr. Lisa Davis, kepala bagian nutrisi di Terra’s Kitchen, mengatakan kentang tidak boleh dimakan mentah-mentah karena bisa menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya. “Itu karena kentang mengandung pati yang sulit dicerna usus dan sistem pencernaan tubuh,” katanya. Yang lebih mengerikan lagi, jika dibiarkan lama di daerah yang hangat atau lembap, kentang mentah bisa berubah warna menjadi hijau dan membentuk racun yang disebut solanin. Jadi, jika melihat kentang tampak memiliki bintik-bintik hijau di atasnya, kalian harus membuangnya. Karena solanin dapat menyebabkan keracunan makanan.

2. Singkong

Singkong Mentah Potong
Singkong Mentah Potong

Selain mineral dan vitamin, tanaman umbi-umbian ini ternyata juga mengandung sianida sangat berbahaya jika dimakan mentah. Di kehidupan alaminya, singkong mentah memproduksi sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa ini memang relatif tidak beracun. Tapi jika dimakan mentah akan mengalami proses enzimatik yang mengurai linimarin menjadi hidrogen sianida. Zat ini merupakan salah satu bentuk racun sianida yang paling berbahaya. Karena itulah, pastikan untuk mengupas dan mencuci bersih singkong sebelum dimasak.

3. Sosis

Sosis Mentah
Sosis Mentah

Sosis bukanlah makanan bergizi seperti yang dibilang di iklan-iklan. Apalagi jika memakan sosis dalam kondisi mentah. Selama ini terjadi kesalahpahaman bahwa sosis mentah aman untuk dimakan langsung. Sebenarnya, bukan begitu. Sebenarnya sosis kemasan dapat terkontaminasi bakteri Listeria yang hanya dapat dibunuh dengan memanaskannya kembali.

4. Terong

Terong
Terong

Banyak yang menjadikan terong sebagai lalapan. Padahal, mengkonsumsi terong mentah sangat berbahaya bagi kesehatan. Terong mentah dapat mengandung solanin, racun yang sama pada kentang mentah. Yang paling banyak mengandung racun solanin adalah terong muda atau yang dipanen sebelum waktunya. Jadi, jika ingin makan terong sebagai lalapan segar, minimal ditumis dulu sebentar untuk mengurangi efek racun solanin di dalamnya.

5. Susu

Susu Dalam Gelas
Susu Dalam Gelas

Kebanyakan susu yang dijual di toko-toko atau di pasar, sudah dipasteurisasi dan aman untuk dikonsumsi setelah direbus. Akan tetapi banyak orang yang lebih suka makanan organik atau para pemilik sapi perah cenderung meminum susu yang masih mentah, tepat setelah memerasnya.

Kalian mungkin pernah mendengar atau melihat ada orang yang suka minum susu mentah baik secara langsung maupun dalam bentuk video. Padahal sebenarnya meminum susu sapi mentah bisa berbahaya bagi tubuh. Susu yang dikonsumsi secara langsung dari sapi perah, tanpa dipasteurisasi, bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella. Sebuah sumber mengatakan bahwa susu mentah ternyata 150 kali lebih mungkin menjadi penyebab sejumlah penyakit mikroba pada manusia dan penyakit bawaan makanan daripada produk susu lainnya.

6. Kacang

Kacang Tanah Sudah Dikupas
Kacang Tanah Sudah Dikupas

Kacang sarat akan protein dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Manfaat itu bisa didapat jika dikonsumsi dengan benar, yakni dimasak atau direbus dulu. Mengkonsumsi biji kacang yang masih mentah bisa membuat orang jadi mual, muntah, kena masalah pencernaan, dan kena diare. Ada tips tambahan yaitu rendam kacang terlebih dahulu sebelum dimasak untuk membuatnya benar-benar aman.

7. Madu

Sarang Lebah Madu
Sarang Lebah Madu

Kayak susu sapi, kebanyakan madu yang bisa dibeli di toko sudah mengalami proses pasteurisasi sehingga aman untuk dikonsumsi. Tapi beberapa orang lebih memilih madu organik, karena dianggap lebih sehat. Faktanya, madu mentah yang belum dipasteurisasi mengandung enzim grayanotoxin. Enzim ini dapat menyebabkan keracunan makanan, pusing, dan gangguan pencernaan lainnya.

8. Brokoli

Brokoli Hijau Mentah
Brokoli Hijau Mentah

Kebanyakan orang yang peduli pada kesehatan cenderung menambahkan brokoli mentah untuk salad atau makanan mereka. Meski brokoli merupakan sayuran yang sangat kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun brokoli mentah mengandung gula yang tidak mudah dicerna dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sebaiknya rebus brokoli dulu barang sebentar untuk membuat kandungan gula didalamnya dapat dicerna tubuh.

9. Zaitun

Buah Zaitun
Buah Zaitun

Kebanyakan zaitun yang bisa ditemui di toko sudah diproses atau dibuat acar. Meskipun kalian penyuka zaitun, sebaiknya tidak memakannya dalam keadaan mentah. Zaitun mentah mengandung senyawa oleuropein yang dapat menyebabkan keracunan makanan parah.

10. Telur

Telur Setengah Lusin
Telur Setengah Lusin

Kebanyakan orang menambahkan telur mentah sebagai campuran jamu atau penambah volume otot. Padahal telur mentah dapat memperburuk kesehatan seseorang. Telur mentah dapat mengandung salmonella dan bakteri lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.