Perbedaan Mendengarkan Musik Zaman Dulu dan Jaman Now

Posted on

Perkembangan teknologi sudah benar-benar mengubah gaya hidup manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam mendengarkan musik. Zaman dulu, untuk menikmati lagu-lagu favorit, orang harus memiliki alat pemutar musik manual semacam tape recorder, mini compo, walkman, discman, dan sejenisnya. Sementara source (sumber) lagu-lagu pun masih berasal dari kaset, CD (compact disc), dan piringan hitam.

Musik Digital VS Musik Analog

Saat ini, orang cukup memiliki telepon genggam canggih untuk dapat menikmati lagu-lagu kesayangannya. Sedangkan source cukup didapat dari mengunduh file MP3 di internet yang notabene free alias gratis. Namun apakah dari sisi kualitas suara, telepon genggam, dan mp3 player benar-benar mampu mengungguli pemutar musik manual?

File MP3 sendiri merupakan file hasil kompresi dari source lain, biasanya berupa CD audio. Karena hasil kompresi, tentu saja terjadi banyak pemotongan frekuensi di sana sini yang sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan. Suara dari file MP3 biasanya bakal terasa tipis, kurang tebal, dan nada-nada frekuensi tinggi kadang terdengar cukup tajam dan menusuk telinga.

Sementara itu, suara yang dikeluarkan dari pemutar musik manual dengan source CD audio akan terasa lebih tebal, berbobot, dan jarang sekali timbul suara-suara yang tajam dan menusuk telinga dari nada-nada frekuensi tinggi. Sebagai contoh, pemutar musik manual dari mini compo Panasonic mampu menyajikan kualitas suara yang mengesankan dengan source dari CD audio.

Suara yang dihasilkan terdengar jernih, vokal tebal dan intim, treble cukup renyah, detail cukup bisa dinikmati. Pemakaian fitur DBB (Dynamic Bass Boost) akan menambah kuantitas bass tanpa menutupi sektor-sektor yang lain. Untuk kualitas speakernya sendiri tidak kalah dengan speaker-speaker aktif yang banyak beredar di pasaran, diatur pada volume tinggi tidak sampai menimbulkan distorsi pada suara yang kita dengar.

Pemutar musik digital sudah pasti memiliki kelebihan dibandingkan dengan pemutar musik manual, terutama dalam hal portabilitas dan mobilitasnya. Kapasitas MP3 player yang bergiga-giga bakal mampu menampung koleksi lagu sampai ratusan, sementara bentuknya yang simpel dan relatif kecil memudahkan orang untuk membawanya dalam perjalanan.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.