10 Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Tabungan di Bank

Posted on

Tabungan adalah produk simpanan yang ditawarkan oleh bank di mana uang simpanan bisa ditarik kapan pun nasabah mau melalui ATM (Automated Teller Machine) tunai. Nasabah juga bisa menambahkan jumlah simpanan kapan pun diinginkan melalui ATM setor tunai.

ATM Center di Indonesia
ATM Center di Indonesia

Kebanyakan rekening tabungan punya suku bunga yang lebih rendah kalo dibandingkan dengan rekening simpanan lainnya kayak deposito berjangka. Akan tetapi, tabungan nggak punya tanggal jatuh tempo sehingga nggak ada penalti kalo dilakukan penarikan dana lebih awal dan tabungan bisa berlanjut selamanya. Biar lebih jelas, ada 10 hal yang wajib diketahui mengenai tabungan.

Bagaimana Cara Kerja Rekening Tabungan di Indonesia?

Rekening tabungan memberikan nasabah kesempatan buat menyimpan uang dengan bebas resiko dan mendapat bunga setiap bulannya. Setiap rekening tabungan butuh sejumlah uang minimal kecil yang perlu disetorkan ke dalam rekening. Masing-masing produk tabungan memiliki persyaratan setoran awal yang berbeda.

Bank HSBC Indonesia
Bank HSBC Indonesia

Pengaksesan dana di tabungan bisa dilakukan oleh nasabah melalui beberapa cara, di antaranya melalui cabang bank, Automated Teller Machine (ATM), kartu debit, atau melalui online banking. Kalo penarikan penuh dilakukan dari rekening tabungan, biasanya ada sejumlah saldo minimum yang harus disediakan di rekening tersebut.

Berapa Kadar Suku Bunga Tabungan?

Setiap rekening tabungan punya suku bunga yang nggak begitu tinggi. Biasanya suku bunga tabungan berkisar antara 0% hingga 3% per tahun. Walaupun tergolong sebagai salah satu produk bank yang nggak memiliki bunga tinggi, namun tabungan merupakan sarana penyimpanan teraman yang bisa diperoleh masyarakat.

Rupiah Pecahan 1000
Rupiah Pecahan 1000

Buat memaksimalkan keuntungan dari suku bunga tabungan, nasabah disarankan untuk membandingkan suku bunga berbagai produk dan menghitung bunga yang akan diperoleh. Beberapa rekening tabungan memiliki suku bunga bertingkat di mana semakin tinggi jumlah dana di rekening tabungan maka semakin besar bunganya. Tapi kalo niatnya cari bunga, mending ke deposito sekalian.

Bagaimana Perhitungan Bunga Tabungan?

Bunga tabungan biasanya dikalkulasikan berdasarkan per hari dan diberikan bulanan. Perhitungan bunga tabungan berdasarkan dari suku bunga yang ditetapkan oleh bank dan jumlah simpanan yang nasabah punya dalam rekening tabungannya (termasuk bunga yang telah diterima sebelumnya). Walau bank nggak ngasih suku bunga yang tinggi buat rekening tabungan, tabungan punya beberapa keuntungan dan fitur yang dapat menguntungkan di kemudian hari.

Apa Keuntungan Tabungan?

Kebanyakan produk tabungan dari bank punya fitur dan keuntungan kayak begini:

  1. Setoran awal buat membuka rekening tabungan sangat rendah. Umumnya cuma Rp 20.000.
  2. Tabungan ngasih bunga dari jumlah rekening tabungan per harinya.
  3. Tabungan memiliki likuiditas, di mana nasabah bisa mengambil dan menambah jumlah kapanpun diinginkan.
  4. Tabungan dilengkapi dengan fasilitas kayak Kartu ATM, Kartu Debit, asuransi dan perlindungan Lembaga Penjamin Simpanan.
  5. Tabungan mempermudah nasabah ketika melakukan transaksi melalui internet banking.
  6. Nasabah juga bisa memantau pergerakan uang tabungan lewat buku tabungan atau internet banking.

Apa Kekurangan Tabungan?

Tabungan nggak punya banyak kekurangan. Tapi ada dua kekurangan utama tabungan yaitu:

  1. Suku bunga yang rendah jika dibandingkan produk simpanan bank lainnya. Jadinya bikin perkembangan saldo tabungan lambat dan nggak setara dengan kadar inflasi.
  2. Tabungan ada biaya administrasi.

Bagaimana Ketentuan Pajak Tabungan?

Setiap bunga tabungan yang diperoleh, nasabah bakal dikenakan pajak, yang dikenal dengan pajak atas bunga deposito dan tabungan. Pajak yang dikenakan ke tabungan sebesar 20% bila nilai tabungan di atas Rp 7.500.000. Jadi bunga yang didapat nasabah akan dikurangkan dengan pajak atas bunga deposito dan tabungan. Dengan kata lain, semakin besar suku bunga yang didapat, maka semakin besar pajak yang dikenakan.

Apa Syarat Buka Rekening Tabungan?

Untuk membuka rekening tabungan, nasabah harus melengkapi beberapa persyaratan gampang berikut ini:

  • Memperlihatkan Fotokopi idenditas diri kayak KTP, SIM atau Paspor dan NPWP jika diperlukan.
  • Mengisi formulir pendaftaran untuk aplikasi rekening tabungan.
  • Menyiapkan setoran awal (jumlah minimal) untuk membuka rekening tabungan.
  • Bersedia datang ke bank terdekat dan mengambil antrian CS pada jam kerja.

Bagaimana Cara Membuka Rekening Tabungan?

Ini adalah tahap yang bisa jadi acuan untuk pembukaan rekening tabungan di cabang bank yang diinginkan:

  1. Siapkan kartu identitas (KTP, SIM atau Paspor) dan NPWP jika perlu sebagai persyaratan pembukaan tabungan.
  2. Siapkan uang tunai yang disimpan. Pastikan lebih dari saldo minimum.
  3. Datang ke cabang bank terdekat dan mengambil antrian CS.
  4. Tanyakan semuanya ke CS.
  5. Pilih produk tabungan yang diinginkan sesuai dengan fiturnya.
  6. Isi formulir aplikasi rekening tabungan dan pelajari ketentuan atau aturan dari tabungan.
  7. Serahkan formulir pendaftaran bersamaan dengan persyaratan yang dibutuhkan ke CS dan kemudian tunggu proses pembuatan rekening.

Setelah proses di kaunter selesai, maka nasabah akan menerima buku tabungan dan kartu ATM yang bisa digunakan buat penarikan dan penyetoran dana tabungan.

Berapa Biaya Rekening Tabungan?

Ada beberapa biaya rekening tabungan yaitu biaya administrasi bulanan, biaya materai, dan biaya penutupan rekening tabungan. Biaya administrasi bulanan ada yang gratis, rata-rata biaya bulanan adalah sekitar 15.000 rupiah.

Daftar Istilah Tabungan

Jika kalian nggak yakin dengan beberapa istilah yang disebutkan di atas coba lihat keterangannya di bawah sini:

  • Automated Teller Machine (ATM) : Mesin teller otomatis adalah alat elektronik yang jadi perwakilan dari bank buat melayani nasabah bank tanpa perlu dilayani oleh teller bank langsung. Oleh order baru, ATM disebut sebagai Anjungan Tunai Mandiri.
  • Kartu Debit : Kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank buat nasabah. Karti debit dapat digunakan sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Uang yang digunakan terbatas sesuai jumlah saldo yang dimiliki, nggak bisa ngutang.
  • Setoran awal : Jumlah minimal uang yang harus disetor untuk pembukaan tabungan.
  • Suku bunga tabungan : Imbalan jasa dari bank untuk uang tabungan. Dibayarkan setiap bulan berdasarkan ketentuan atau kesepakatan.
  • Saldo Minimum : Jumlah minimal uang yang harus disisakan di tabungan.
  • Biaya administrasi : Biaya yang dibebankan secara berkala (biasanya tiap bulan) kepada pemegang rekening. Saldo otomatis akan terpotong oleh biaya administrasi.
Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.