Cerita Motivasi: Dialog Antara Keset dan Guci

Posted on

Suatu waktu keset kedatangan teman baru. Teman barunya ini bukan keset seperti dirinya tapi sebuah guci. Guci yang dielu-elukan. Dipuji semua orang yang lewat, bukan diinjak-injak seperti dirinya. Dan keset ini ingin tahu. Apakah guci ini korupsi atau melihara tuyul? Atau menang togel? Atau dapet harta warisan bejibun?

IMG_3583

Terjadilah percakapan berikut.

Keset: Ci, enak ya jadi elo? Dielus-elus ama orang. Gak kayak gue, diinjek-injek.
Guci: Iya sih Set, tapi.
Keset: Tapi. Tapi apa?! Kamu mau alasan apa lagi?!
Guci: Eh.
Keset: Maap-maap. Gue salah fokus. Gue baru putus Ci.
Guci: Eh malah curhat lo Set.
Keset: Eh iya, maap-maap Ci. Lanjut Ci. Lanjut tapinya.
Guci: Oke gue lanjut tapinya. Tapi gue gak ngedapetin ini semua dengan cara gampang Set.
Keset: Maksud lo?
Guci: Gue bisa kayak gini karena perjuangan yang gue lakuin selama ini gak enteng Set.
Keset: Kok bisa? Ceritain dong Ci.
Guci: Oke gue cerita.

Keset

Dan cerita pun dimulai.

Dulu gue cuma tanah gak kepake yang digali sama tukang gali kubur. Kebetulah gue ini termasuk tanah liat. Tapi meskipun gue tanah kuburan, gue gak hina-hina banget. Karena kuburan itu kuburan keluarga. Jadi, gue ya termasuk tanah agak berkualitas dikit lah.

Gue tadinya dah enak tuh. Ngadem di bawah tanah. Diinjek-injek orang juga gak papa. Soalnya agak di dalem. Gak begitu kerasa. Tapi semua berubah ketika tukang gali kubur dari negara api menggali gue. Gue dikeluarin dan dipisahin ama keluarga gue.

Penderitaan belum selesai. Gue lalu disiram air. Dibanting-banting. Diremet-remet. Tubuh gue rasanya udah kayak tanah liat mau dibuat guci. Dan gue pun mulai dibentuk kayak sekarang ini.

Gue udah agak lega. Tapi ternyata masih lanjut. Selanjutnya gue dibakar di api yang panas. Gak cuma satu-dua menit tapi berjam-jam! Beh, rasanya panas banget. Sakit banget. Gue amat sangat menderita. Tapi gue tahan semuanya. Gue gak boleh pecah. Kalau pecah gue cuma bakalan jadi sampah.

Akhirnya proses pembakaran tubuh gue selesai. Gue lega banget. Gue mulai nyante-nyante. Eh gak taunya masih belum selesai penderitaan gue. Gue dibawa ke ruangan gelap. Serem banget.

Baunya aneh banget. Ya, gue dibawa ke ruang pewarnaan. Di sana gue disemprot habis-habisan. Gue hampir gak bisa napas. Gue mau pingsang. Dunia serasa mau runtuh. Gelap. Terang. Gelap.

Gue pingsan beneran.

Waktu gue buka mata, ternyata gue udah ada di sini. Gue udah jadi barang mahal. Gue dipuji-puji. Dielus-elus. Dikagumi. Semuanya deh.

Guci: Begitu ceritanya Set.
Keset: Owh gitu Ci. Ternyata perjuangan lo berat ya?
Guci: Iya Set. Memang banyak yang gak tau tapi gue maklumi.
Keset: Kalau gitu maapin gue ya ci. Gue sadar. Ternyata untuk jadi barang yang berharga kayak lo harus melewati proses yang gak gampang.

Tamat.

Begitulah dialognya. Semoga menginsipirasi!

Salam Inspirasi Anti Galau Republik Indonesia!

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.