Berapa Langkah Cuci Tangan yang Direkomendasikan oleh WHO?

Posted on

Cuci tangan adalah hal wajib yang harus  dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terkadang, mencuci tangan dianggap merupaka hal yang sepele. Kebanyakan orang hanya menggosok tangan dengan air tanpa menggunakan sabun. Hal ini menyebabkan kuman masih banyak yang menempel.

Cuci Tangan
Cuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk di terapkan oleh keluarga agar keluarga terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain, mau tidur, atau kapan pun ketika merasa tangan sudah kotor dan perlu dicuci.

Cuci tangan yang benar adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan langkah-langkah yang dianjurkan. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) membagi cuci tangan ke dalam 11 langkah. Namun, kalian dapat merangkumnya menjadi 7 langkah sederhana agar mudah diingat. Berikut adalah 7 langkah cuci tangan yang dapat diajarkan:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan sabun antibakteri karena efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit.
  3. Gosok-gosok tangan hingga sabun mengeluarkan busa.
  4. Ratakan sabun dan gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jemari, dan di bawah kuku.
  5. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun yang tersisa.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering.
  7. Matikan kran dengan siku tangan atau handuk agar kuman yang mungkin menempel pada kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Dengan rutin melakukan 7 langkah cuci tangan, tangan pun akan bersih kembali sehingga meminimalkan risiko terinfeksi kuman penyebab penyakit. Lakukan aktivitas cuci tangan 7 langkah ini bersama-sama saat sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain di luar. Karena kesehatan adalah segalanya, mari ajarkan 7 langkah cuci tangan dengan benar sedini mungkin!

11 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO

Di atas adalah 7 langkah sederhana dalam mencuci tangan. Agar pengetahuan tentang kesehatan lebih lengkap, perlu tahu juga yang menurut WHO. Berikut ini adalah 11 langkah cuci tangan menurut WHO.

11 Langkah Cara Cuci Tangan Menurut WHO
11 Langkah Cara Cuci Tangan Menurut WHO

Jika belum jelas lihat kembali pada gambar. Mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri berbentuk batang ataupun cair sangat dianjurkan. Tidak dianjurkan menggunakan sabun cuci karena sifatnya yang keras terhadap kulit.

Mudah bukan untuk dilakukan. Sebenarnya kesadaran adalah kunci utama dalam mengaplikasikannya. Selain terlihat ribet dan terkesan sepele, kegiatan diatas berdampak cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak tahu dari mana musibah penyakit akan menyerang, dan tugas kita adalah mencegah serangan penyakit tersebut.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.