Hindari 7 Hal Ini Saat Memilih Model Baju Bayi

Posted on

Memilih model baju bayi perlu hati-hati. Kulitnya yang sensitif banget akan gampang teriritasi bila memakai pakaian dengan bahan dan model yang nggak sesuai. Pilihlah bahan pakaian yang lembut dan sesuai untuk kulit bayi.

Perhatikan bahan dan desainnya sebelum kalian membeli. Beberapa hal yang harus kalian perhatikan yaitu model pakaian dengan pernak-pernik dan aksesoris tambahan. Pastikan bahan pernak-pernik dan aksesoris itu nggak bakal membahayakan bayi.

Model Baju Bayi
Model Baju Bayi

Kalo dalam usia itu kalian sering memposisikan bayi dalam kondisi tengkurap, jangan pilih pakaian dengan kancing di dada. Hal tersebut akan menciptakan dadanya sesak dan nggak nyaman, bahkan membahayakan. Apalagi kalo kancing bajunya tercipta dari logam yang berukuran besar.

Selanjutnya, perhatikan pula bagian leher bayi. Jangan sampai mencekik atau membuat lehernya nggak nyaman. Karena di samping akan memunculkan bekas, juga berbahaya buat bayi. Apa lagi yang mesti dihindari?

Berikut ini adalah 7 hal yang harus dihindari ketika memilih model baju bayi.

Hindari Baju Bayi Berbahan Sintetis

Bahan baju bayi yang paling baik adalah katun. Sebab, selain enteng dan lembut, bahan ini pun baik dalam menyerap keringat. Sehingga membuat bayi lebih nyaman.

Jenis nilon dan poliester usahakan dihindari. Sebab, bahan ini nggak bisa menyerap keringat dengan baik. Sehingga mengakibatkan bayi gampang terkena alergi kulit, gatal-gatal, sampai bintik-bintik.

Tumbuh Kembang Bayi Jarang Sakit
Tumbuh Kembang Bayi Jarang Sakit

Di samping itu, bahan katun pun lebih sejuk dibanding nilon dan poliester. Kalo cuaca dingin, kalian dapat melapisi pakaian bayi dengan sehelai sampai dua helai pakaian lain. Tapi tetap dijaga jangan sampai berat dan sesak juga.

Jangan Membeli Baju Bayi Dengan Ukurang Ngepas

Pada masa awal pertumbuhannya, bayi bakal tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, hindari melakukan pembelian pakaian yang pas di badan. Usahakan, kalian melakukan pembelian pakaian yang lebih longgar, supaya bisa dipakai dalam waktu yang lebih lama.

Bayangin aja, cuma dalam waktu satu minggu, berat badan anak bakal naik dan berubah secara signifikan. Dengan kata lain, bila kalian melakukan pembelian pakaian yang pas di badan, seminggu kemudian dapat jadi pakaian tersebut udah nggak bisa digunakan lagi.

Bayi dan Saudaranya
Bayi dan Saudaranya

Untuk lebih hemat, simpan pakaian dari sang bayi buat adiknya. Pakaian bekas nggak membahayakan tubuh sang bayi, kalo bahannya aman dan terawat dengan baik. Selain itu juga mengurangi sampah jika dibuang.

Untuk antisipasi semenjak lahir, beli pakaian bayi dengan ukuran yang bermacam-macam. Sehingga, ketika bayi kalian lahir, kalian dapat memilih pakaian yang pas buat anak. Jika ada yang udah nggak muat bisa disimpan atau disumbangkan ke yang membutuhkan.

Jangan Pilih Baju Bayi Berkancing Besar Apalagi Dari Logam

Jenis pakaian yang mesti kalian hindari yaitu baju dengan kancing yang besar. Apalagi, bila kancing tersebut tercipta dari logam. Tekanan dari kancing dapat menciptakan bayi kesakitan, bahkan memunculkan bekas kemerahan di dadanya.

Di samping itu, kancing yang tercipta dari logam, atau yang berukuran besar akan membuat bayi menjadi gampang menggapainya dan mencungkil kancing tersebut. Lebih bahaya lagi, sebab bayi terbiasa memasukkan segala benda ke mulutnya. Kadang ada juga bayi yang memasukkan segala sesuatu ke hidungnya.

Model Baju Bayi Kancing
Model Baju Bayi Kancing

Dalam umur dua bulan, baju yang dipilih usahakan mempunyai kancing di depan dan berukuran kecil. Di samping mudah digunakan, pakaian tersebut pun lebih aman untuk bayi. Kancing ukuran kecil juga nggak gampang dicongkel bayi.

Hindari Memilih Model Baju Bayi Berkerah Tebal

Perhatikan bagian leher dari baju yang ingin kalian beli. Hindari pakaian dengan model kerah tebal. Pertama, pakaian itu nggak sesuai untuk negara dengan iklim tropis kayak Indonesia. Selain bikin bayi gampang gerah, pakaian ini pun bakal bikin bayi gampang berkeringat.

Kalian bisa menggunakan pakaian sejenis ini pada cuaca dingin. Namun, bila cuaca sedang panas, kerah yang tebal malah bisa bikin bayi nggak nyaman dan terganggu pernafasannya. Kadang malah bikin leher merah karena bahannya yang kurang halus dan lembut.

Model Baju Bayi Kerah
Model Baju Bayi Kerah

Model kerah baju sebaiknya pilih yang tipis dan lunak. Hindari kerah yang tebal dan kaku. Kerah yang tebal dan kaku cuma bakal mengganggu pernafasan bayi. Kadang juga bisa bikin bayi jadi usil dan rewel.

Jangan Memilih Model Baju Bayi dengan Kerutan di Dada

Model baju yang selanjutnya mesti dihindari yaitu baju dengan model kerutan di bagian dada. Kerutan atau smock tersebut dapat menekan dada bayi, sampai membuat bayi sesak nafas. Pilihlah model dengan bagian dada yang rata dan lembut.

Kalo kalian masih pengen beli pakaian dengan model smock atau mempunyai kerutan di bagian dada, maka pastikan kerutan itu nggak banyak dan rapat. Pastikan juga kerutan itu nggak sempit. Pilih jenis kerutan yang longgar di dada bayi.

Model Baju Bayi Kerutan
Model Baju Bayi Kerutan

Ingat, sesak nafas pada bayi dapat berujung penyakit yang akut dan berbahaya. Hasilnya, perkembangan anak bakal terganggu. Sebab sesak nafas akan dominan langsung pada kombinasi impuls yang diteruskan ke otak melewati saraf.

Hindari Model Baju Bayi Dengan Karet Elastis di Bagian Lengan, Paha, dan Pergelangan

Perlu kalian ketahui bahwa perkembangan bayi dengan pakaian yang dipakai mempunyai hubungan yang erat. Pakaian yang salah pilih, malah akan mengakibatkan anak susah untuk aktif bergerak. Di samping itu, pakaian yang salah pun membuat kulit cepat terpapar alergi.

Tumbuh Kembang Bayi
Tumbuh Kembang Bayi

Salah satu jenis pakaian yang mesti kalian hindari yaitu pakaian dengan karet lentur di unsur pinggang, lengan, paha dan pergelangan tangan yang terlampau ketat. Hal itu dapat mengganggu aliran darah bayi dan membekas di kulit. Kalau terlalu parah juga dapat mengakibatkan trauma.

Jangan Pilih Model Baju Bayi dengan Banyak Aksesoris

Seperti dituliskan di atas sebelumnya, hindari pakaian bayi dengan banyak aksesoris. Aksesoris ekstra di pakaian bayi dapat berupa kancing, pita, mote dan payet. Memang dengan aksesoris banyak akan keliatan meriah, tapi anak masih bayi.

Model Baju Bayi Aksesoris
Model Baju Bayi Aksesoris

Bayi senang bereksplorasi, terutama untuk benda-benda yang terasa asing baginya. Hal itu dapat membuat aksesoris ekstra tersebut terlepas sesudah disentuh oleh bayi, dan malah bakal dimasukkan ke mulut yang akibatnya bakal fatal untuk bayi. Sekali lagi, kadang bayi juga iseng memasukkan benda ke hidung.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.