Ini Sederet Manfaat ASI Eksklusif bagi Tumbuh Kembang Bayi

Posted on

Saat bayi lahir, Ibu direkomendasikan untuk memberikan ASI. Pengen tau apa aja manfaat pemberian ASI eksklusif untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi? Baca terus tulisan ini, ya!

Tumbuh Kembang Bayi
Tumbuh Kembang Bayi

Bukan tanpa alasan, kandungan nutrisi yang menyeluruh dan cocok dengan keperluan bayi membuat peran ASI nggak tergantikan. Karenanya, baik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) maupun Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasi pemberian ASI khusus selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan sampai 2 tahun seraya didampingi MPASI.

Rekomendasi tersebut diserahkan bukan asal-asalan. Udah banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa ASI membawa sejuta manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Berikut ini adalah 5 manfaat ASI eksklusif untuk bayi.

ASI Adalah Nutrisi Terbaik

ASI yang diproduksi oleh ibu diciptakan khusus untuk memenuhi keperluan nutrisi bayi sekitar 6 bulan pertama kehidupannya sesudah dilahirkan. Komposisi nutrisi di dalam ASI dapat berubah-ubah guna menyesuaikan keperluan tumbuh kembang bayi. Oleh sebab itu, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi.

Bayi dan Saudaranya
Bayi dan Saudaranya

Pemberian nutrisi ini pun dimulai dari ASI yang pertama kali diproduksi oleh ibu, yakni kolostrum. Meskipun volumenya nggak banyak dan berwarna kekuningan, kolostrum paling kaya protein dan komponen yang dapat menambah kekebalan tubuh bayi. Kolostrum pun dapat menolong pematangan saluran cerna bayi.

ASI Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kolostrum berisi antibodi, khususnya imunoglobulin (Ig) A, yakni zat yang dapat menambah kekebalan tubuh bayi guna melawan kuman penyebab penyakit. Imunoglobulin itu bekerja dengan teknik melapisi saluran napas dan saluran cerna bayi supaya nggak gampang diserang oleh bakteri dan virus.

Tumbuh Kembang Bayi Kebal
Tumbuh Kembang Bayi Kebal

Karena alasan tadi, nggak sedikit penelitian menemukan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif lebih jarang terjangkit sekian banyak penyakit, kayak pneumonia (infeksi paru) dan diare.

ASI Bikin Jarang Sakit

Karena bayi menemukan nutrisi dan antibodi yang cukup, maka bayi yang menemukan ASI khusus lebih jarang terpapar penyakit dikomparasikan dengan bayi yang nggak mendapatkan ASI eksklusif.

Tumbuh Kembang Bayi Jarang Sakit
Tumbuh Kembang Bayi Jarang Sakit

Penelitian mengemukakan bahwa pemberian ASI sekitar 3, 4 dan 6 bulan bisa menurunkan risiko bayi merasakan infeksi telinga tengah sebesar 50 persen, infeksi saluran napas 72 persen, dan flu 63 persen. Risiko penyakit lain kayak infeksi usus, alergi, penyakit celiac, suddent infant death syndrome, diabetes, dan leukimia pun berkurang.

ASI Bikin Berat Badan Naik

Berat badan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif juga ditemukan lebih gampang naik. Meskipun buat berat badan bayi gampang naik, namun ASI melindungi bayi dari ancaman obesitas. Berdasarkan penelitian, malah bayi yang menemukan susu formula lebih berisiko mengalami obesitas ketika ia dewasa kelak.

Tumbuh Kembang Bayi Pintar
Tumbuh Kembang Bayi Pintar

Hal itu disinyalir bersangkutan dengan bakteri di dalam usus bayi dan hormon leptin. Bayi yang diberi ASI eksklusif mempunyai lebih banyak bakteri baik yang bisa menjaga ekuilibrium energi dikomparasikan dengan bayi yang nggak mendapat ASI eksklusif. Bayi yang disusui ASI eksklusif juga mempunyai hormon leptin (hormon yang meregulasi lapar dan kenyang) lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

ASI Bikin Lebih Pintar

Banyak riset yang mengemukakan bahwa tumbuh kembang bayi yang diberi ASI eksklusif didapati lebih baik. Hal ini tampak dari skor IQ yang lebih tinggi dan perilaku yang lebih baik pada anak yang mendapat ASI eksklusif dikomparasikan dengan yang tidak.

Manfaat ASI Nggak Cuma Itu

Ibu dan Bayi
Ibu dan Bayi

Sampai di sini, manfaat ASI eksklusif untuk tumbuh kembang bayi memang tak terhingga. Nggak cuma itu, manfaat pemberian ASI khusus ini juga dapat dirasakan ibu. Di samping nutrisi dengan komposisi ideal untuk bayi terpenuhi, ia juga mendapat perlindungan terhadap infeksi, dan juga terjalinnya ikatan yang kuat antara ibu dan bayi.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.