Sadar dengan 7 Tanda Segitiga di Botol Minum? Maknanya Penting!

Posted on

Coba liat botol minum kalian! Kalian tentu udah nggak asing banget sama wadah atau kemasan apapun yang berbahan plastik. Sebut aja gelas, piring, bahkan botol minuman yang sering kalian bawa itu nggak sedikit yang bahannya tercipta dari plastik. Apalagi waktu traveling, membawa botol minum sendiri adalah hal yang sangat disarankan.

Botol Minum
Botol Minum

Tapi, kalian sadar nggak sih kalo di sekian banyak benda yang sering kalian pakai dalam kehidupan sehari-hari tersebut ada suatu simbol simpel yang seringkali tertera di bawah ataupun di sekitarnya? Ternyata nih, simbol yang terdiri atas segitiga dan angka ini mengindikasikan dari bahan apa wadah itu dibuat. Kalian mesti tau dong 7 tanda tersebut dan apa maknanya!

Tanda Segitiga Plastik 1 = PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Tanda Segitiga Plastik 1=PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)
Tanda Segitiga Plastik 1 = PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Simbol ini biasa digunakan buat botol plastik berwarna bening atau transparan laksana botol air mineral dan nyaris semua botol minuman lainnya. Botol jenis PETE atau PET ini seharusnya hanya sekali pakai. Karena bila terlalu sering dipakai, apalagi digunain buat nyimpen air hangat atau panas, lapisan polimer di botol itu akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker dalam jangka panjang.

Tanda Segitiga Plastik 2 = HDPE (High Density Polyethylene)

Tanda Segitiga Plastik 2=HDPE (High Density Polyethylene)
Tanda Segitiga Plastik 2 = HDPE (High Density Polyethylene)

HDPE ini biasa digunain buat botol susu yang warnanya putih susu, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. Bahan plastik ini punya sifat yang lebih kuat, keras, buram, dan lebih tahan sama suhu tinggi. HDPE adalah salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena keterampilan buat menangkal reaksi kimia antara kemasan plastik sama makanan atau minuman yang dikemasnya. Sama kayak PET, HDPE pun direkomendasiin cuma buat sekali pemakaian sebab pelepasan senyawa antimoni trioksida terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Tanda Segitiga Plastik 3 = V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Tanda Segitiga Plastik 3=V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Tanda Segitiga Plastik 3 = V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Plastik ini biasa ditemuin di pembungkus (cling wrap) serta botol-botol. Reaksi yang terjadi antara PVC sama makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi riskan buat kesehatan ginjal, hati, dan juga dominan ke berat badan. Maka, sebisa mungkin hindari pemakaian plastik jenis ini dan usahakan cari pilihan pembungkus makanan lain.

Tanda Segitiga Plastik 4 = LDPE (Low Density Polyethylene)

Tanda Segitiga Plastik 4=LDPE (Low Density Polyethylene)
Tanda Segitiga Plastik 4 = LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE adalah plastik tipe coklat (thermoplastic atau diciptakan dari minyak bumi), seringkali dipakai buat wadah makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. Sifat mekanis jenis plastik LDPE tersebut kuat, agak tembus cahaya, luwes, dan permukaannya agak berlemak. Pada suhu di bawah 60 derajat celsius resisten banget sama senyawa kimia, daya proteksi ke uap air termasuk baik, tapi nggak cukup baik buat gas-gas yang lainnya kayak oksigen. Plastik jenis ini sulit dihancurin tapi bisa didaur ulang. Bahan ini baik buat lokasi makanan karena susah bereaksi secara kimiawi sama makanan yang dikemas memakai bahan ini.

Tanda Segitiga Plastik 5 = PP (polypropylene)

Tanda Segitiga Plastik 5=PP (polypropylene)
Tanda Segitiga Plastik 5 = PP (polypropylene)

PP adalah bahan terbaik buat wadah makanan dan minuman sebab lebih kuat, punya daya tembus uap rendah, keawetan yang baik ke lemak, dan stabil sama suhu tinggi. Ciri fisiknya yaitu mengkilat, transparan namun nggak bening atau berawan. Biasanya dipakai buat gelas plastik, tutup botol, botol susu, botol minuman, mainan anak, dan sebagainya. Coba deh periksa lagi, apakah botol minum kalian terdapat tanda ini?

Tanda Segitiga Plastik 6 = PS (Polystyrene)

Tanda Segitiga Plastik 6=PS (Polystyrene)
Tanda Segitiga Plastik 6 = PS (Polystyrene)

PS biasa digunain buat bahan tempat santap styrofoam, lokasi minum sekali pakai, dan sebagainya. Polystyrene adalah polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika bersentuhan. Selain makanan, styrene juga bisa didapat dari asap rokok, asap kendaraan, dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini sebaiknya dihindari, karena bahan ini berbahaya untuk kesehatan otak, bahan ini juga bisa mengganggu hormon estrogen perempuan yang berdampak pada masalah reproduksi, perkembangan, dan sistem syaraf. Selain itu, bahan ini sulit didaur ulang.

Tanda Segitiga Plastik 7 = Other​ (Lain-Lain)

Tanda Segitiga Plastik 7=Other​ (Lain-Lain)
Tanda Segitiga Plastik 7 = Other​ (Lain-Lain)

Wadah dengan jenis plastik bersimbol ini terdapat 4 jenis, yakni PC – polycarbonate, SAN – styrene acrylonitrile, ABS – acrylonitrile butadiene styrene, dan nylon. Plastik jenis PC dapat ditemuin di botol susu bayi, sippy cup, botol minum polikarbonat, dan kaleng susu formula. PC nggak dianjurin digunain buat wadah makanan atau minuman karena dapat mengeluarkan bahan utamanya yakni Bisphenol A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, penurunan kualitas sperma, dan mengubah sistem imunitas. SAN dan ABS adalah salah satu bahan plastik yang baik buat digunakan dalam kemasan makanan atau minuman. Karena kedua bahan ini punya resistensi yang tinggi sama reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang udah ditingkatin. Biasanya SAN terdapat di mangkok mixer, pembungkus termos, piring, perangkat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi. Sedangkan ABS seringkali dipakai buat bahan mainan lego dan pipa.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.