Motivasi Bangun Pagi: 5 Menit Pertama yang Menentukan Kesuksesan Hari Ini

Posted on

Menurut psikolog Ron Friedman, Tiga jam pertama dalam satu hari ini menentukan apakah hari ini akan gagal atau sukses. Dia benar. Rob berkata, “Biasanya, kita mempunyai interval sekitar tiga jam di mana kita benar-benar fokus.” Tantangan untuk kalian, ini serius, adalah belajar bagaimana menghadapi lima menit rasa sakit.

Ya, hanya lima menit rasa sakit. Karena ketika kalian bangun lebih pagi dan mendengar alarm, kalian akan merasakan perasaan yang nggak enak banget. Rasanya sangat kacau kalau bangun lebih pagi. Tapi rasa nggak nyaman itu hanya bertahan lima menit jika kalian langsung bangun dan melakukan sesuatu.

Di sisi lain, kalian akan menumpuk rasa sakit dengan tetap di kasur atau kembali tidur, kemudian bangun dengan penyesalan. Semakin lama kalian duduk di kasur, hasilnya semakin buruk. Riset menunjukkan bahwa semakin lama kalian menunda, maka kemungkinan kalian melakukan sesuatu semakin sedikit. Semakin lama kalian berada di kasur setelah alarm dimatikan, kemungkinannya semakin kecil buat kalian meninggalkan kasur.

Jam Bangun Pagi
Jam Bangun Pagi

Tiga Masalah Mendasar Ketika Tidak Bangun Pagi

1. Kalian berbohong pada diri kalian sendiri.

Malam sebelumnya sebelum tidur, kalian pasti sudah merencanakan akan bangun jam berapa. Dengan membohongi diri kalian, akan ada konflik batin dalam diri kalian. Kebalikan dari penipuan diri adalah kepercayaan diri alias PD. Sebuah riset psikologi menemukan bahwa kepercayaan diri bukanlah penyebab melainkan efek. Kalian merasa percaya diri dengan melakukan sesuatu yang telah kalian katakan akan dilakukan.

2. Keputusan terbaik dibuat bukan saat setengah sadar.

Apakah kalian akan membuat keputusan saat setengah sadar? Misalnya membuat keputusan untuk melakukan investasi secara besar-besaran atau membuat keputusan untuk menikah atau bercerai ketika secara mental sedang tidak siap. Tentu saja tidak. Begitu pula ketika bangun tidur, dalam posisi setengah sadar keputusan yang telah dibuat bukanlah tidur lagi.

Kalian telah membuat keputusan sebelumnya bahwa kalian akan bangun pagi dalam keadaan sepenuhnya sadar. Malam sebelumnya kalian telah membuat keputusan akan bangun jam berapa. Percaya pada keputusan itu. Kalian telah membuat keputusan itu bukan tanpa alasan. Segera lakukan keputusan yang telah dibuat.

3. Rasa sakit ketika bangun pagi cuma bertahan selama lima menit.

Kadang rasa nggak nyaman ketika bangun pagi cuma sebentar nggak sampai lima menit, jika kalian punya strategi yang tepat. Ketika alarm udah bunyi dan dimatikan, jangan bernegosiasi dengan kasur kalian. Bangun secepatnya dan segera mungkin melakukan sesuatu agar segera sadar penuh. Bisa saja bangun tidur langsung mandi (kayak lagu). Bisa juga bangun tidur langsung ke luar rumah dan menghirup udara segar.

Kucing Bangun Pagi Walaupun Begadang
Kucing Bangun Pagi Walaupun Begadang

Cara Bangun Pagi Walaupun Begadang

Ide utamanya adalah kalian segera mengganti lingkungan kalian secepatnya. Kasur kalian punya magnet yang kuat menarik perasaan kalian untuk tidur lagi, terutama pada pagi hari. Meskipun cuma ke kamar mandi dan cuci muka, kalian akan lebih cepat sadar. Penelitian dalam psikologi menunjukkan bahwa mengganti lingkungan dapat meninggkatkan perhatian jadi lebih awas.

Lima menit tadi adalah penghalang utama bagi orang yang ingin bangun pagi. Lima menit tadi dapat memisahkan kalian dari sisi mental, spiritual, sosial, bahkan ekonomi dari orang-orang sukses. Lima menit tadi menjadi faktor penentu apakah hari ini akan sukses atau gagal. Terutama jika dilakukan selama 30 hari berturut-turut.

Namun, kebanyakan orang masih saja berada di sisi yang salah dalam lima menit selama 30 hari itu. Jika kalian menguatkan diri selama waktu sebentar saja, akan banyak kemungkinan yang terbuka. Namun, kebanyakan orang akan curang, ingin berubah tapi nggak mau menahan rasa sakit sebentar saja.

Motivasi Bangun Pagi Tony Robbins
Motivasi Bangun Pagi Tony Robbins

Manfaat Bangun Pagi

Bangun pagi dan membuat kebiasaan strategis, akan membuat kalian menjadi orang yang cerdas, disiplin, semangat, dan menggapai sukses dalam waktu singkat (sekitar 1-10 tahun). Nggak percaya? Coba cermati quotes berikut ini.

“Jalan awal terbaik untuk mewujudkan segala impian Anda adalah bangun dan bangkit dari tempat tidur.”

— Merry Riana

“Lose an hour in the morning, and you will be all day hunting for it.”

— Richard Whately

“The early morning has gold in its mouth.”

— Benjamin Franklin

“The difference between rising at five and seven o’clock in the morning, for forty years, supposing a man to go to bed at the same hour at night, is nearly equivalent to the addition of ten years to a man’s life.”

— Philip Doddridge

“It is well to be up before daybreak, for such habits contribute to health, wealth, and wisdom.”

— Aristotle

“The sun has not caught me in bed in fifty years.”

— Thomas Jefferson

“One key to success is to have lunch at the time of day most people have breakfast.”

— Robert Brault

“I prime my mind. I wake up every morning and say, ‘Look, if you don’t have 10 minutes for yourself, you don’t have a life.’ I take 10 minutes.”

— Tony Tobbins

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.