12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Jarang Diketahui

Posted on

Kelapa adalah satu jenis buah yang mudah sekali kita temukan di negara tropis seperi negara kita tercinta Indonesia. Buah ini selain bisa di manfaatkan airnya, dan mempunyai rasa air yang segar dan menjadi terkenal untuk pelepas dahaga. Selain airnya yang biasa diminum, daging kelapa juga biasa dimanfaatkan menjadi minyak.

Kelapa Muda Hijau

Tata cara membuat minyak kelapa sudah dikenal nenek moyang kita di Indonesia dengan cara yang sederhana. Kemungkinan besar kakek atau nenek kalian mengetahui caranya. Minyak kelapa yang dibuat oleh nenek moyang kita tak hanya bisa di gunakan untuk bidang kuliner, tetapi juga bisa menjadi popular di dunia untuk kecantikan dan juga pengobatan.

Cara Membuat Minyak Kelapa Tradisional
Cara Membuat Minyak Kelapa Tradisional

Tradisi minyak kelapa atau coconut oil seharusnya kita jaga sampai kapan pun. Minyak kelapa sekarang memang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi dalam dunia kuliner, minyak kelapa mulai diganti butter, margarin, atau minyak dari bahan lain seperti olive oil. Padahal kalau mau belajar, minyak kelapa itu sangatlah mudah dalam pengolahannya, lebih praktis, dan juga murah.

Minyak Kelapa dalam Wadah Bening
Minyak Kelapa dalam Wadah Bening

Minyak kelapa adalah minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Tapi tahukah kalian, bahwa ternyata minyak kelapa juga memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit. Menurut beberapa ahli, minyak kelapa juga bisa digunakan dalam berbagai produk kecantikan alami karena memiliki manfaat anti-bakteri dan anti-jamur. Lain daripada itu, minyak kelapa pun adalah salah satu jenis pelembap yang sangat disarankan untuk tubuh.

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja manfaat minyak kelapa untuk kecantikan? Mari simak uraian yang didukung para ahli berikut ini:

1. Menghapus Riasan Mata

Riasan mata dan bahkan maskara tahan air pun dapat dihapus dengan mudah menggunakan minyak kelapa. Caranya, cukup taruh sedikit minyak kelapa pada kapas dan usapkan dengan lembut ke bagian mata. Usap juga ke area bawah mata kalian dan setelah itu berishkanlah wajah dengan menggunakan air. Minyak kelapa mampu bekerja dengan baik untuk menghapus riasan mata yang tebal dan terlalu pekat menempel. Selain itu, area mata pun menjadi lebih lembap.

2. Membersihkan Wajah

Minyak kelapa memiliki sifat alami antibaketi, antijamur, dan melembapkan. Sebuah riset menemukan bahwa minyak kelapa juga bagus untuk merawat kulit dan banyak wanita yang telah menggunakannya sebagai pelembap wajah yang digunakan pada malam hari. Untuk membersihkan wajah kalian, usap minyak kelapa pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar, kemudian bersihkan wajah seperti biasa. Namun, bagi kalian yang rentan terhadap jerawat sebaiknya hindari teknik ini.

3. Melembapkan Kulit

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa minyak kelapa sangat efektif meningkatkan kelembapan kulit dan merawat kulit yang sangat kering. Oleh karena itu, untuk memperoleh kulit yang lembap, oleskan minyak kelapa pada kulit layaknya mengaplikasikan lotion pada kulit. “Selain aromanya yang harum, minyak kelapa juga murah dan membuat kulit ternutrisi dan lembut,” ungkap Katrine van Wyk, pakar kesehatan holistik di New York, Amerika Serikat.

4. Sebagai Kondisioner Rambut

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak produk conditioner rambut mengandung minyak kelapa karena lebih mampu melakukan penetrasi ke dalam rambut dan mencegah kekurangan protein ketimbang mineral dan minyak bunga matahari. Kalian pun bisa mencoba sendiri teknik berikut ini di rumah. Pada malam hari, aplikasikan satu sendok minyak kelapa pada rambut kemudian sisir lembut rambut kalian. Lalu, bentuk rambut seperti sanggul sederhana dengan diangkat ke atas. Selanjutnya, alasi bantal dengan handuk atau tidur dengan shower cap. Saat pagi hari, bilas rambut dengan keramas seperti biasa.

5. Mencukur Bulu Kaki

Mencukur bulu kaki dengan krim konvensional cukup merepotkan karena harganya yang terbilang mahal dan mengandung bahan-bahan kimia. Kalian bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Selain terjangkau, minyak kelapa juga secara alami bersifat antibakteri dan beraroma harum sehingga mampu melembapkan dan membuat segar kulit kaki kalian.

6. Masker Rambut

Minyak kelapa akan mencair pada suhu ruangan atau suhu sekira 24,5 derajat Celcius. Gunakan miyak kelapa cair untuk masker rambut. Caranya, setelah rambut dikeramas dan dibilas, oleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih lima menit kemudian keramas sekali lagi menggunakan sampo. Bilas sampai bersih. Masker rambut dari minyak kelapa berguna untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala agar tidak kering dan berketombe.

7. Pelembab Tubuh

Minyak kelapa yang telah dibekukan, sangat baik jika digunakan sebagai pelembap kulit. Sebelum mandi, usapkan minyak kelapa ke seluruh tubuh. Kemudian mandi dengan sabun sampai rasa licin hilang. Campurkan beberapa tetes minyak kelapa ke losion tubuh yang biasa kalian pakai. Aplikasikan ke tangan, kaki, dan bagian tubuh yang lain.

8. Pelembab Bibir

Simpan beberapa mili liter minyak kelapa ke dalam wadah kecil (misalnya wadah bekas lensa kontak), tutup rapat. Kalian bisa membawanya ke manapun kalian pergi dan gunakan sebagai pelembap bibir ketika bibir terasa kering.

9. Pelembut Kutikula

Oleskan sedikit minyak kelapa ke area kutikula kalian. Minyak kelapa mampu bekerja menutrisi kuku dan kulit di sekitarnya. Kuku kalian pun akan kuat, sehat, tidak mudah rapuh, dan lembut.

10. Krim mata

Kulit di sekitar mata merupakan area yang paling mudah keriput dan sedikit kelembapannya. Jaga agar area sekitar mata, terutama kulit di bawah mata tetap muda dan kencang dengan mengoleskan minyak kelapa secukupnya sambil dipijat ke arah luar dengan jari tengah dan telunjuk. Aplikasikan setiap malam sebelum tidur.

11. Penghapus Riasan

Hangatkan satu sendok teh minyak kelapa lalu tuang ke kapas bersih, lalu usapkan ke seluruh wajah sampai riasan wajah kalian terhapus. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai rasa licin hilang. Selain membersihkan riasan, minyak kelapa juga akan menjaga kelembapan kulit wajah kalian sehingga kalian nampak selalu awet muda.

12. Lulur

Campurkan minyak kelapa dengan garam laut dengan perbandingan 1:1. Setelah itu balurkan ke seluruh tubuh sambil diusap dan dipijat-pijat. Khusus untuk bagian kulit yang kasar seperti lutut dan siku, kalian bisa memperlama pijatan. Garam laut membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan minyak kelapa bertugas melembapkan serta menutrisi kulit seluruh tubuh kalian.

Mengupas dan Mengambil Daging Kelapa Muda
Mengupas dan Mengambil Daging Kelapa Muda
Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.