4 Tempat Wisata Tersembunyi di Bukittinggi yang Keindahannya Membuat Terpesona

Posted on

Selama ini, Bukittinggi memang terkenal dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata favorit di Sumatera Barat. Namun selain tempat-tempat wisata terkenal seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok, Janjang Saribu, atau Museum Bung Hatta, kota ini ternyata juga menyimpan deretan tempat wisata tersembunyi yang masih jarang terekspose oleh para wisatawan. Penasaran dengan keindahan tempat-tempat tersembunyi di Bukittinggi? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut.

Air Terjun Languik Tinggi Malalak

Air terjun yang berjarak sekitar 54 menit dari pusat Kota Bukittinggi ini memiliki panorama alam yang sungguh menakjubkan. Di kawasan tersebut, terdapat 5 air terjun setinggi 100 meter yang diapit oleh tebing-tebing batu indah.

Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak
Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak

Namun untuk menuju ke lokasi air terjun, sebelumnya kalian harus melalui jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer dengan medan yang cukup sulit. Bahkan selain melewati sungai, sawah, dan hutan, jalur ini juga akan membawa kalian melewati perkebunan yang kemiringannya mencapai 70 derajat. Tapi kalian tidak usah khawatir. Pasalnya, pihak pengelola Air Terjun Languik Tinggi sudah menyiapkan pijakan dan tali yang akan memudahkan para pengunjung.

Air Terjun Tanggo

Air Terjun Tanggo berlokasi sekitar 45 kilometer dari Kota Bukittinggi. Karena lokasinya yang masih tersembunyi, untuk menuju lokasi air terjun ini kalian harus berjalan kaki sejauh 300 meter melewati area hutan konservasi. Sesampainya di Air Terjun Tanggo, kalian akan disuguhi dengan kucuran air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter dan alam hutan yang masih sangat alami. Di bawah air terjun, terdapat sebuah tempat pemandian atau lubuak serta cekungan yang membentuk gua kecil di di belakang air terjun.

Air Terjun Sarasah Tanggo
Air Terjun Sarasah Tanggo

Muaro Binguang

Muaro Binguang merupakan sebuah pantai cantik yang terletak di Desa Mandiangin, Kabupaten Pasaman Barat, Bukittinggi. Pantai ini kurang dikenal para wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi dan sudah dijangkau. Namun jika kalian mau sedikit berjuang untuk sampai ke lokasi pantai, di sana kalian akan menemukan sebuah pantai yang masih sangat alami dengan hamparan pasir putih yang menawan. Menjelang malam, Pantai Muaro Binguang ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat mengagumkan.

Pantai Muaro Binguang
Pantai Muaro Binguang

Lembah Harau

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan lembah atau ngarai yang dikelilingi oleh bukit cadas dan barisan dinding batu granit yang sangat menakjubkan. Di sisi barat dan timur ngarai, kalian juga bisa melihat air terjun yang tidak begitu tinggi. Selain mengagumi keindahan alam yang disuguhkan, di sini kalian juga bisa menikmati aktivitas seru lainnya seperti bermain flying fox, berkunjung ke taman satwa mini, serta berburu suvenir dan mencicipi jajajan khas Minang.

Lembah Harau
Lembah Harau

Nah, itulah beberapa tempat wisata tersembunyi yang tak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Bukittinggi. Apabila kalian mencari hotel di Bukittinggi untuk tempat menginap, pesan saja kamar hotel di jaringan hotel Airy Rooms.

Dengan tarif menginap yang ramah di kantong, Airy Rooms menawarkan kamar yang nyaman dengan tujuh jaminan fasilitas seperti AC, TV layar datar, Wifi, perlengkapan mandi, kamar mandi dengan pancuran air dingin dan air panas, air minum gratis, serta kasur yang nyaman.

Untuk memesan kamarnya, kalian cukup melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi mobile Airy Rooms. Jika sudah memilih tanggal menginap dan kamar yang diinginkan, selanjutnya kalian tinggal melanjutkan pembayaran dengan metode pembayaran melalui transfer antar bank, kartu kredit, atau gerai Indomaret.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.