Udah Tahu Belum Kalo PS4 Berhasil Dibajak Hacker?

Posted on

Beda sama PC, ngebajak game di console terbaru kayak PS4, Xbox One dan Nintendo Switch termasuk mustahil karena kerumitan perlindungan yang dipunyai si console. Biar bisa main game secara ilegal, firmware dari console tadi musti dibobol dulu dan hal tersebut jadi tahap paling rumit buat para hacker. Empat tahun setelah rilisnya console generasi kedelapan dari Sony ini, hal rumit tadi udah berhasil dilakukan dengan mbrojolnya “PS4HEN”.

Stick Sony Play Station 4
Stick Sony Play Station 4

Buat yang belum tahu, berita ini sudah ada sejak awal tahun ini. Berita mengenai bobolnya PS4 sudah dimuat di IGN dan The Verge sejak januari 2018. Setelah diumumkan pada akhir Desember 2017 kemarin, tim peretas kini merilis program PS4HEN secara umum lewat website seperti Github. Tutorialnya juga udah banyak di Youtube.

PS4HEN adalah program yang bisa mengaktifkan aplikasi homebrew serta menjalankan file backup game. Biar Homebrew bisa menjalankan file backup game, program yang dikasih nama PKG Kitchen yang juga dirilis bareng sama PS4HEN. PKG Kitchen difungsikan buat ngebikin file backup dari game PS4 sekaligus memodifikasi game. Kehadiran PKG Kitchen ini ngebikin game-game besar seperti Uncharted 4, Grand Theft Auto V, World of Final Fantasy, dan sebagainya udah nyebar luas di Internet.

Selain bisa mainin beberapa game PS4, hacker di balik program ini juga menemukan jika terdapat emulator PS2 yang tersembunyi di balik firmware ini. Karena itu, semua game PS2 diklaim dapat dimainkan dengan bantuan program tool yang mereka juga buat. Game kayak Klonoa 2 dan Shinobi udah dites sama hacker dan terbukti berjalan dengan lancar lewat program emulasi yang disuntikkan di dalam PS4.

Hal ini tentu saja disambut gembira oleh para pembajak game di Indonesia. Adanya sebuah thread di forum Kaskus yang berisi tentang tata cara membajak sampai update informasi lengkap terpampang membuktikan hal ini. Nggak heran soalnya sawah dan pesawat aja bisa dibajak apalagi cuma game.

Untuk sekarang ini program hanya mampu berkerja pada PS4 dengan firmware versi 4.05/4.55/5.05. Versi terbaru sekarang yang dirilis Sony adalah versi firmware 5.56, yang berarti program ini terbatas hanya akan mampu bermain game-game tahun 2017 kebawah serta belum mampu akses fitur online. Tapi hacker pencipta program ini suatu saat akan membobol versi firmware terbaru yang telah dirilis oleh Sony secara bertahap.

Gambar Gravatar
Cinta Damai adalah website hiburan dan motivasi dalam kehidupan. Jangan lupa bahagia dan jangan panik mari piknik.