10 Tips Tak Terduga Namun Bermanfaat Besar Ketika Traveling

Posted on

Traveling tetap perlu persiapan agar tidak menguras jiwa dan tenaga, tidak peduli apakah tujuan traveling untuk sekadar jalan-jalan, urusan bisnis, atau keluarga. Terkadang ada saja masalah seperti packing berantakan, biaya transportasi mahal, dan sebagainya yang membuat traveling menjadi kurang menyenangkan. Berikut ini adalah tips tak terduga namun sangat bermanfaat agar traveling kalian menjadi lebih lega, hemat, dan membuat pengalaman traveling kalian menjadi berharga untuk diingat.

1. Gulung Pakaian

Caranya adalah dengan melipat pakaian seperti biasa kemudian digulung dan diikat dengan karet gelang atau karet kecil lainnya. Dengan cara ini packing menjadi lebih mudah dan lega. Kalau mau ambil barang tidak takut berantakan karena semua rapi dan terikat dengan karet. Pakaian juga tidak kusut meski ditaruh di bagian bawah sekalipun.

2. Fotokopi atau Scan Kartu Identitas

Ini penting dilakukan karena musibah tidak pernah ada yang tahu. Apabila dompet kalian jatuh atau hilang entah kemana, kalian masih punya identitas cadangan dalam bentuk digital. Fotokopi atau Scan kartu identitas yang penting misal KTP, SIM, STNK, sampai Kartu Keluarga kemudian kirim ke email atau cloud agar bisa diakses secara online kapan pun dan di mana pun.

3. Cek ATM di Lokasi Tujuan

Masalah uang juga menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika traveling. Mau bawa banyak uang rawan hilang atau dirampok. Lebih baik memang menyimpannya di bank. Tapi kadang tidak semua bank menyediakan ATM di tempat tujuan traveling kalian. Cek dulu apakah ada ATM di tempat tujuan kalian. Untuk ATM di Indonesia yang selalu ada di setiap kecamatan saat ini adalah BRI kemudian disusul oleh BNI dan Mandiri.

4. Cek Transportasi di Google

Tentunya ketika traveling kalian tidak mau jalan kaki terus-menerus sambil menenteng barang bawaan yang berat. Cek juga ada berapa moda transportasi yang tersedia di lokasi tujuan. Apakah ada transportasi online atau hanya transportasi tradisional saja? Cek dulu atau tanya-tanya ke warga setempat. Cek juga kode penerbangan atau kode kereta agar bisa tau jadwal pesawat atau kereta berangkatnya kapan.

5. Gunakan Google Maps Offline

Tidak semua tempat yang kalian kunjungi mempunyai sinyal yang mumpuni untuk membuka Google Maps. Cukup ketik "Ok Maps" tanpa tanda petik agar Google Maps dapat digunakan secara offline. Dengan begitu dapat memudahkan ketika sudah sampai tujuan tapi susah sinyal.

6. Booking Penerbangan Ketika Hari Selasa

Booking penerbangan butuh waktu yang tepat agar mendapat harga yang murah. Menurut sebagian besar traveler yang suka booking penerbangan, ada hari yang biasanya mendapat harga murah yaitu hari selasa. Namun tentu saja kalau bisa ngecek setiap hari agar bisa mendapat harga paling murah.

7. Cari Penginapan Alternatif

Tidak semua tempat tujuan para traveler mempunyai hotel, kyadang hanya ada rumah warga biasa atau penginapan terbatas. Sebelumnya kalian harus mencari penginapan alternatif yang ada dengan bertanya pada warga sekitar atau gunakan aplikasi seperti AirBnB.

8. Gunakan Earphone dan Penutup Mata

Agar perjalanan menyenangkan dan tidak terkena polusi suara dan polusi cahaya, gunakan earphone dan penutup mata. Ada alternatif lain misalnya menggunakan buff dan earplug. Terserah kalian paling nyaman menggunakan apa. Terutama untuk perjalanan malam atau perjalanan panjang sangat membutuhkan barang semacam slayer, buff, earphone, earplug, dll.

9. Sembunyikan Uang di Tempat Tak Terduga

Jangan satukan uang kalian dalam jumlah besar di dompet. Kalau bisa dipisah-pisah dan dimasukkan ke tempat yang tak terduga. Tempat yang terduga untuk menyimpan uang misalnya di dalam kaos kaki, sepatu, tempat kacamata, tempat make up, di antara lembaran buku, dll. Dengan begitu apabila kalian dicopet atau dirampok masih ada sisa uang persembunyian.

10. Download Aplikasi Traveling

Tidak ada salahnya mendownload aplikasi traveling yang iklannya bertebaran di televisi. Dengan mencoba satu per satu aplikasi yang ada akan membuat kalian merasakan aplikasi mana yang paling cocok. Ibarat mencari jodoh kalian harus bertemu dengan orang yang salah dulu baru kemudian bertemu dengan orang yang paling tepat. Aplikasi traveling yang tepat dapat membuat traveling kalian lebih mudah dan menyenangkan.

Itulah 10 tips tak terduga namun bermanfaat besar ketika traveling. Silakan kalian praktikkan dan kalian share ke teman dan keluarga, jangan hanya dibaca saja. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu traveling kalian menjadi kurang panik dan lebih membahagiakan.