7 Tips Mudah Agar Tidak Jatuh Sakit Ketika Traveling

Posted on

Gak enak banget kan pas lagi seru-serunya jalan-jalan malah badan tiba-tiba sakit. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah sakit? Gimana cara mengatasi musibah sakit ketika lagi traveling? Simak 10 tips mudah berikut ini.

Sering Cuci Tangan dengan Sabun

Cuci Tangan

Terdengar kayak tips basi ya? Tapi jangan salah. Sering mencuci tangan telah terbukti dapat mencegah berbagai penyakit. Tangan yang bersih terbukti mencegah diare, keracunan, flu, bahkan hepatitis. Tangan yang higienis membuat virus dan bakteri sulit masuk ke tubuh kita.

Beberapa traveler membawa botol gel kecil atau sering disebut hand sanitizer. Tapi hand sanitizer tetap tidak bisa menggantikan kebersihan dari cuci tangan dengan sabun. Sebisa mungkin untuk cuci tangan sebelum makan dan setelah dari tempat kotor.

Membawa Botol Air Mineral Sendiri

Botol Air Mineral

Jangan sampai dehidrasi atau kehabisan minuman ketika sedang traveling. Membawa air mineral sendiri dalam botol adalah sebuah tindakan yang bijak. Selain dapat menghemat biaya, juga bisa lebih terjamin kesehatannya. Pastikan juga jika membeli air mineral untuk mengecek segelnya.

Waspada Ketika Jajan

Jajan Makanan

Makanan yang kurang bersih dapat menjadi penyebab segala penyakit dalam diri. Hati-hati ketika membeli jajanan atau makanan ketika traveling. Selalu perhatikan bagaimana cara penjual menyimpan dan menyiapkan makanan atau minuman. Makanan yang sehat dapat mencegah kita jatuh sakit.

Buat Tubuh Tetap Aktif

Olahraga

Traveling bukan berarti kita bisa bebas atau malas-malasan. Kita tetap harus menjaga gaya hidup sehat meskipun saat sedang bepergian. Tubuh yang lebih aktif bergerak akan lebih mudah menangkal berbagai penyakit yang akan datang. Lakukan senam, lari, berenang, atau apapun yang disuka.

Lindungi Tubuh dari Cahaya Matahari

Cahaya Matahari

Terbakar matahari selain dapat menyebabkan rasa perih juga kadang mengganggu penampilan. Jangan lupa gunakan sun block ketika berada di luar ruangan. Gunakan sun block yang benar-benar cocok dengan kondisi kulit. Selain itu juga tetap banyak minum agar tidak kepanasan luar-dalam.

Vaksin atau Obat Penangkal

Vaksin

Ya, ini agak sedikit serius. Seperti di Indonesia ketika musim haji. Biasanya ada vaksin khusus haji untuk mencegah penyebaran penyakit yang sedang ngetren. Gunakan vaksin juga jika kita akan mengunjungi daerah yang rawan penyakit tertentu. Misalnya ketika akan mengunjungi daerah rawan malaria kita bisa minum obat anti malaria dulu.

Bawa Obat Pribadi dan P3K

P3K

Ini wajib sih. Bawa obat pribadi yang sekiranya penting seperti penderita asma atau yang biasa kena maag. Bawa juga P3K jika terjadi sedikit lecet atau apapun. Mencegah lebih baik daripada tidak mencegah. Ituh!

Gambar Gravatar
Kalo pengen kenalan bisa add Facebook. Kalo pengen punya website bisa pesen di Jangka Web. Follow @masjangka di twitter, ask.fm, dan instagram!