Mengubah Kebiasaan

Posted on

Mengubah kebiasaan adalah salah satu hal yang berat dilakukan oleh manusia. Ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang ingin kita ubah. Biasanya kebiasaan buruk. Tapi susahnya minta ampun. Kata motivator karena sudah terjebak di zona nyaman.

Lalu bagaimana caranya mengubah kebiasaan untuk hidup yang lebih baik? Tentu saja dimulai dari niat yang kuat dan dilakukan dengan sedikit demi sedikit tapi rutin. Memang berat di awal tapi ketika kebiasaan sudah berubah maka semuanya terasa ringan.

Kita Hanya Perlu Berubah 1% Saja Setiap Hari

Yak benar sekali. Tidak usah berubah banyak-banyak. Cukup melakukan 1% saja perubahan ke arah yang lebih baik. Asal kita lakukan setiap hari secara konsisten maka selama setahun kita meningkat 365% ke arah yang lebih baik.

“Aku tidak takut dengan orang yang berlatih 10.000 tendangan tapi hanya satu kali. Yang aku takutkan adalah orang yang berlatih satu tendangan, tapi sebanyak 10.000 kali.” – Bruce Lee

Awalnya memang susah. Seperti teori kelembaman. Ibarat kita mendorong mobil, awalnya memang berat. Tapi ketika sudah bisa jalan maka terasa ringan. Apalagi ketika mesinnya berfungsi baik maka kita bisa melakukan percepatan. Hanya butuh sedikit dorongan di awal saja.

Bagi kita yang punya kebiasaan buruk dan ingin berhenti misalnya. Tidak perlu menunggu turning point atau titik balik seperti operasi jantung atau masuk ICU. Kurangi kebiasaan buruk kita sedikit demi sedikit secara konsisten. Berat sih. Tapi untuk hidup yang lebih baik.

Bisa juga yang ingin hidup lebih sehat. Kurang-kurangin makan junk food. Mulai rutin olahraga. Tidur yang cukup. Kurangi begadang biar bisa bangun pagi. Biar bisa liat sunrise.

Sunrise di Semeru
Sunrise di Semeru

Saya juga lagi berusaha mengubah kebiasaan. Salah satunya adalah mencoba membiasakan ngeblog rutin. Hehe. Ya. Mengisi blog ini secara rutin entah random atau bagus bodo amat. Yang penting posting.

Memang ngomong doang gampang. Secara teori sih bisa aja. Tapi pada kenyataannya susah. Prakteknya sulit. Ya memang tidak semudah yang kita kira. Tapi demi masa depan yang lebih baik. Kenapa tidak dicoba?

“Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai saat ini.” – AA Gym

Gambar Gravatar
Kalo pengen kenalan bisa add Facebook. Kalo pengen punya website bisa pesen di Jangka Web. Follow @masjangka di twitter, ask.fm, dan instagram!