Energi Nuklir Sebagai Energi Masa Depan

Posted on

Energi Nuklir Sebagai Energi Masa Depan sebenarnya adalah judul essay tugas mata kuliah ilmu alamiah dasar saya. Daripada hanya saya simpan di hardisk, lebih baik saya posting juga di sini. Mungkin ada yang butuh sebagai sekedar bacaan atau bahkan referensi tugas kuliahnya.

Nuklir

Yak beginilah essaynya…

Energi yang sekarang kita gunakan merupakan energi berbahan dasar fosil seperti batubara, minyak bumi, dan gas. Energi tersebut memiliki banyak kekurangan. Di antara kekurangannya yaitu semakin menipis cadangannya dan juga dapat menyebabkan pemasanan global atau global warming. Nuklir yang memiliki ketahanan lebih panjang dan merupakan sumber energi yang sedikit mengeluarkan gas rumah kaca sangat cocok untuk menggantikan energi yang kita pakai sekarang.

Nuklir di Swiss

Selain nuklir ada juga energi terbarukan lain seperti angin, cahaya matahari, dan panas bumi. Namun energi alternatif tersebut banyak memiliki kendala. Energi angin sulit diharapkan karena kondisi angin tidaklah selalu sama. Juga infrastruktur pemanfaatan energi angin yang relatif mahal. Energi cahaya matahari terkendala pada mahalnya panel surya. Energi yang dihasilkan juga kecil dan sifatnya tidak berkelanjutan. Energi panas bumi mempunyai kendala geografis.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menurut Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), 1 uranium dapat memiliki nilai yang setara dengan 13,7 barrel minyak atau 2,3 ton batubara. Listrik yang dihasilkan 1 uranium dapat mencapai 1MWd (1 Mega Watt Days). Nuklir juga mempunyai emisi yang paling sedikit. Bahan nuklir yaitu uranium juga masih sangat banyak tersedia. Uranium juga dapat didaur ulang. Bahan bakar fosil tidak dapat didaur ulang dan diperkirakan akan habis puluhan tahun mendatang.

Nuklir di Tennessee USA

Bijih uranium merupakan bijih radioaktif yang sering ditemukan di daerah gersang karena jarang ada pohon yang bertahan hidup di wilayah yang kandungan uraniumnya tinggi. Banyak wilayah di Indonesia yang memiliki potensi mineral-mineral radioaktif. Cadangan uranium di Indonesia dapat digunakan sampai ratusan tahun bahkan dihitung bisa sampai 3600 tahun. Potensi sumber daya nuklir untuk masa depan bisa dikatakan tidak terbatas.

Nuklir di Illinois

Dari data buku putih energi yang dikeluarkan oleh Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2006, Indonesia memiliki sumber energi nuklir yang besar namun belum digunakan sama sekali. Indonesia memiliki sumber daya uranium sebesar 24.112 ton yang setara dengan 33,0 GW yang sumbernya berasal dari Gunung Kalan, Kalimantan Barat. Sumber daya ini belum digunakan karena pembangunan PLTN tidak disetujui masyarakat karena alasan keamanan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Masyarakat masih takut karena peristiwa-peristiwa kecelakaan nuklir yang pernah terjadi. Di antaranya pernah terjadi ledakan di reaktor Chernobyl tahun 1986 lalu, dengan korban jiwa 31 jiwa dan 237 orang mengalami luka-luka. Juga mengenai bencana yang terjadi pada reaktor Mile Island tahun 1979. Dan yang paling baru adalah kecelakan PLTN Fukushima Daiichi Jepang pasca gempa dan tsunami yang menimpa negara tersebut.

Nuclear Wetlands

Bila ditelaah lagi, sebenarnya kecelakaan-kecelakaan reaktor nuklir yang pernah terjadi dapat dihindari. Pada kasus Chernobyl, operator telah melakukan eksperimen yang mendorong untuk melakukan 6 pelanggaran secara disengaja. Padahal jika mereka tidak melakukan satu dari 5 kesalahan maka Chernobyl tidak akan meledak. Teknologi Chernobyl juga memiliki banyak kelemahan, dan sekarang telah dikembangkan teknologi baru yang lebih aman. Reaktor Fukushima juga sebenarnya sudah tua dan sudah memasuki masa akhir pemakaian.

Indonesia pada tahun 1975 pernah berupaya membangun PLTN. BATAN pernah membuat suatu keputusan bahwa Semenanjung Muria di Jawa Tengah cocok untuk dijadikan lokasi pembangunan PLTN yang pertama. Namun masyarakat tidak setuju dengan alasan keamanan. Sebenarnya lokasi yang masih ramai diperdebatkan itu keberadaannya tidak tepat di kaki Gunung Muria yang aktivitasnya berakhir 320 ribu tahun yang lalu, tetapi berada di pinggir pantai.

Nuklir di Prancis

Lokasi yang direncanakan BATAN berada di daerah yang disebut Ujung Lemah Abang, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Patahan di lokasi ini menghasilkan dampak gempa maksimum sebesar 0,2 g atau seperlima gravitasi bumi. Padahal, pada umumnya reaktor didesain untuk padam secara otomatis dan aman pada gempa ukuran 0,3 g. Lokasi di daerah kota sekalipun sebenarnya aman. Karena reaktor nuklir akan mendapat pengawasan dari dunia.

Masyarakat juga beranggapan bahwa SDM kita belum mampu. Padahal BATAN telah lebih dari 40 tahun mengelola dan merawat reaktor riset dengan aman dan selamat. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya dilakukan pencerdasan masyarakat melalui sosialisasi-sosialisasi.

SONY DSC

Melihat keuntungan dan hambatan yang ada, nuklir merupakan sumber energi masa depan yang sangat cocok digunakan. Dengan keuntungan yang sangat banyak dan juga hambatan-hambatan yang bisa diatasi. Nuklir sangatlah bisa untuk diterapkan sebagai energi masa depan dunia khususnya di Indonesia.

Begitulah…

Semoga essay tentang energi nuklir sebagai energi masa depan yang saya share kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Mohon komentarnya jika ada kesalahan. Silakan dishare mungkin ada teman lain yang membutuhkan. Thanks. 🙂

Gambar Gravatar
Kalo pengen kenalan bisa add Facebook. Kalo pengen punya website bisa pesen di Jangka Web. Follow @masjangka di twitter, ask.fm, dan instagram!