Cara Mencari Tweet Lama Di Akun Twitter Kita

Posted on

Kadang ketika ngobrol ke sana ke mari saya kadang teringat bahwa pernah membuat tweet akan obrolan tadi. Misalnya lagi ngobrolin kenapa cewek nonton futsal. Saya bisa bilang kalau saya pernah ngetweet tentang itu. Nah, untuk membuktikannya saya harus mencari tweet lama saya tersebut.

Jika menggunakan cara manual, kita harus mengurutkan dari atas atau dari bawah. Tentunya jika tweet kita masih 10-20 gampang. Kalau tweetnya sudah ribuan malah bisa bikin kriting jari dan mata meleleh.

Untungnya saya mempunyai cara yang cukup mudah. Cara ini sebenarnya diketahui oleh blogger-blogger yang suka edit theme atau template. Cara ini saya ketahui pertama kali saat edit template blogger. Kita tidak usah bahas asal mula cara ini karena tidak penting.

Langsung saja ke caranya. Biar enak saya kasih contoh aja ya, mumpung bisa. Karena kalau cara mendapatkan pacar saya tidak bisa kasih contoh. Tidak usah panjang lebar lagi, contohnya adalah seperti di paragraf pertama yaitu cewek nonton futsal.

Cewek nonton futsal itu nyari apa sih?

— Mas Jangka Mahardika (@masjangka) November 27, 2012

Sebelum ke langkah-langkahnya ada syaratnya.  Tidak hanya pernikahan saja yang punya syarat, cara ini juga punya. Syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Harus menggunakan komputer. Mau berbentuk desktop, laptop, netbook, atau apalah yang penting komputer dengan sistem operasi Windows. Pemakaian Windows tidak mutlak. Boleh kok pake Linux atau Mac. Terserah. Sak bahagiamu.

2. Harus menggunakan browser Mozilla Firefox atau Google Chrome. Inilah yang menyebabkan Windows OS tidak mutlak. Apapun OS yang digunakan asal bisa menginstall browser Mozilla Firefox atau Google Chrome tidak masalah. Terserah. Sak bahagiamu.

3. Dan lain-lain. Tidak usah disebutkan ya seperti koneksi internet, tidak mati listrik, tidak kehabisan batre, tidak punya pacar, dll.

Setelah syaratnya terpenuhi, langsung saja ke langkah-langkahnya. Simak langkah-langkah berikut ini dengan mata manis masing-masing:

1. Buka Twitter dan loginlah dengan akun yang diinginkan. Jangan login dengan akunnya SBY. Karena kita buka staff khusus kepresidenan.

2. Klik tab Me. Lihat-lihat dulu apakah avatarnya sudah kece atau belum. Jika belum, biarkan saja. Gak bakalan kece selama masih pake foto sendiri.

Twitter Mas Jangka 600
Avatar saya pake foto artis jadi kelihatan kece.

3. Jika sudah yakin itu twitter yang akan kita cari tweetnya, scroll sampe tweet pertama. Ini merupakan langkah paling menyebalkan. Harap sabar jika twitnya udah ribuan. Ada baiknya sambil baca-baca. Bisa juga sambil ngehapusin twit yang lagi mention-mentionan sama mantan. Kalo ada. Kalo punya mantan.

4. Sudah sampe twit pertama? Beneran ya. Oke lanjut. Tekan Ctrl + F. Itu tombol "Ctrl" di tekan bareng tombol huruf "F". Nanti muncul kotak kecil di bagian bawah browser.

Tweet Pertama Mas Jangka 600

5. Ketikkan kata yang mau dicari. Terus tekan enter. Nanti bakal ketemu. Kalau belum nemu yang pas, tekan enter terus. Fungsinya adalah mencari karakter di seantero halaman sesuai karakter yang ditulis. Ini menyulitkan buat yang alay. Dulu nulisnya futsal atau futs4l atau fut5al atau yang lain jadi harus nyoba satu-satu.

Tweet Cewek Nonton Futsal 600

6. Ya begitulah. Jika belum paham silakan mention twitter saya. Nanti saya jelaskan via chat fb.

Begitulah kira-kira cara mencari tweet lama di akun twitter kita (bukan akun twitter SBY). Mungkin niat awal kita mencari tweet lama, tapi mungkin kita malah menemukan yang lebih bermakna.

Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian dan terima bongkar pasang.

Salam Cerdas Anti Galau Republik Indonesia!